Pages

Tuesday, November 27, 2012

Fungsi Rahasia Tombol Scroll pada Tetikus



Sebagai seorang pelajar, tentunya sudah tak asing dengan yang namanya komputer. Juga dengan hardware-nya, salah satunya yaitu tetikus. Kalo disebut tetikus pasti ada yang bingung, tapi mungkin ada juga sebagian orang yang tahu apa itu ‘tetikus’.

Tetikus adalah sebutan dalam bahasa Indonesia untuk perangkat keras komputer yang sering kita sebut mouse. Jadi, sebagai bangsa Indonesia yang baik, kita harus mengenali bahasa Indonesia lebih dalam.
Pada tetikus ini, terdapat beberapa bagian atau tombol-tombol, yaitu klik kiri, klik kanan dan tombol scroll.  Untuk fungsi tombol klik kiri dan klik kanan pasti semua orang sudah tahu. Nah, kami disini akan membahas fungsi ‘rahasia’ dari tombol scroll pada tetikus.
Berikut beberapa fungsi ‘rahasia’ dari tombol scroll pada tetikus :

Memperbesar Halaman Web/Dokumen
Tombol yang umumnya digunakan untuk memperbesar sebuah halaman pada website adalah dengan menekan CTRL + dan CTRL -. Namun, Anda juga dapat menggunakan fungsi scroll pada tetikus untuk melakukan hal itu dengan menekan CTRL pada keyboard, lalu scroll ke atas untuk memperbesar halaman, dan scroll ke bawah untuk memperkecil. Fungsi ini juga dapat digunakan pada dokumen Microsoft Word.
Membuka Tab baru pada Internet Browser
Pada umumnya untuk membuka tab/halaman baru terpisah pada browser internet adalah dengan menekan CTRL+T. Dengan menekan tombol scroll tetikus pada tab kosong, Anda juga dapat membuka Tab baru.
Membuka Seluruh Link Bookmark Sekaligus
Jika Anda sering menjelajahi internet dan menemukan situs yang bagus yang layak untuk dikunjungi balik, biasanya Anda dapat menyimpan halaman tersebut dengan mem-bookmark halaman tersebut atau menandainya kedalam folder favorit. Melalui tombol tengah pada scroll tetikus Anda dapat membuka banyak link secara serentak dengan satu klik, yaitu dengan cara mengklik folder favorit/bookmark tersebut dengan tombol scroll. Sehingga lebih menghemat waktu apabila Anda memiliki banyak link disana.
Membuka Link pada Tab baru
Pada umumnya pada saat Anda sedang berselancar di internet, setiap kali melakukan klik pada link lainnya, maka halaman sebelumnya akan berpindah ke halaman baru. Tentunya hal ini akan sedikit merepotkan apabila terdapat banyak bagian dari artikel pada halaman sebelumnya yang ingin Anda lihat. Pada umumnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan klik kanan pada link yang ingin anda buka, lalu pilih Open Link in New Tab atau Open Link in New Window. Anda juga dapat melakukan hal ini melalui tombol  scroll. Dengan menekan tombol scroll pada link, secara otomatis link tersebut akan dibuka di tab baru. Dengan cara ini proses dapat berjalan lebih cepat dan praktis.
Melakukan Scroll pada Dokumen
Tombol tengah scroll juga dapat digunakan untuk melihat halaman-halaman pada dokumen word, pdf, corel, excel, windows explorer, mozila ataupun internet explorer. Dengan menekan tombol scroll pada halaman, maka akan muncul suatu tanda. Jika kursor berada di atas tanda tersebut, maka halaman akan naik, juga sebaliknya. Cara ini sangat berguna apabila dokumen yang Anda buka memiliki ribuan halaman, atau halaman dengan artikel yang sangat panjang karena akan jauh lebih menghemat waktu.
Menutup Tab Browser Secara Cepat
Cara ini merupakan kebalikan dari Membuka Tab dengan menggunakan scroll. Pada umumnya untuk menutup tab adalah dengan menekan tanda x pada sebelah kanan tab yang sedang dibuka. Namun dengan tombol scroll pada tab, Anda dapat menutupnya dengan lebih cepat daripada cara umumnya. Dengan menekan tombol scroll pada tab, maka tab tersebut akan tertutup.

No comments:

Post a Comment